Subscribe:

Selasa, 15 Oktober 2013

Agar Reuni Kebun Rejo Semakin Besar Manfaatnya

Pertama-tama, dalam posting kali ini saya mohon maaf yang sebesar-besarnyakarena tidak bisa kontinue memberikan posting di blog ini. Untuk itu, bila kamu-kamu punya tulisan menarik, puisi, cerpen, artikel umum, pendidikan, politik maupun budaya, silahkan sumbangkan tulisan kamu untuk blog kita ini. Caranya bisa disimak di (klik) link ini.

Seperti yang telah didiskusikan di group FB kita IAM Kebun Rejo, bahwa Pak Ketum akan menggelar musyawarah akhir Oktober 2013 ini untuk membahas reuni IAM Kebunrejo tahun depan. Waktu dan tempat diadakan musyawarah masih belum ditentukan hingga tulisan ini dibuat, namun melihat dukungan dari berbagai pihak, sepertinya niat besar Ketum untuk mengadakan reuni lagi tahun depan akan benar-benar terlaksana.

Maka kali ini Admin ingin membagi beberapa point yang bisa memberikan nilai tambah bagi acara reuni kita. Nilai tambah ini adalah hal-hal lain yang bisa kita peroleh dari sekedar bertemu dengan teman lama dan dapat konsumsinya. Hal-hal apa yang menjadi nilai tambah ini? Dan bagaimana cara kita mendapatkannya?, mari kita bahas bersama.

1. Koneksi
Kita bisa mengambil manfaat reuni ini untuk membentuk koneksi atau jaringan silaturrahmi yang lebih matang antar sesama alumnus. Kita juga bisa menambah jaringan tersebut dengan para alumnus  seangkatan ataupun berbeda angkatan yang sebelumnya belum pernah kita kenal. Karena sesungguhnya setiap manusia berhak dan pantas menjadi relasi kita.

Bagi mereka para profesional bisa lebih mengenal dengan kawan-kawan alumni yang juga bekerja di perusahaan lain dan saling berbagi info pekerjaan. Para alumnus yang pengrajin bisa saling berbagi informasi dengan alumnus lain yang juga pengrajin. Para usahawan bisa saling berbagi dengan alumni lain yang juga memiliki usaha. Para alumni yang menjadi ustadz atau ustadzah di desa-desa dan di kota-kota bisa saling berbagi info dakwah dengan alumni lain yang juga menjadi ustadz atau ustadzah di tempat lain. Bisa juga para wirausahawan memberi info kepada para ustadz, profesional/pekerja dan saling memberikan info untuk memperluas wawasan bersama.

2. Catat bidang usaha/ bidang kerja kawan-kawan.
Kita telah tahu kegiatan, bidang usaha dan bidang kerja para relasi baru kita. Catalah!!. Pastinya kita juga memiliki bidang kegiatan sendiri, entah itu bidang kerja (di perusahaan orang lain) ataupun bidang usaha (di perusahaan kita sendiri) yang ingin kita kembangkan.

Kita bisa membuat perencanaan atau program di bidang kegiatan kita dengan berkolaborasi bersama relasi-relasi baru kita itu untuk berkembang bersama-sama. Misal saja, diantara para alumnus ada si wirausahawan yang memiliki produk kerajinan, ada juga seorang guide profesional yang biasanya mengawal para wisatawan asing berkunjung di berbagai tempat wisata Banyuwangi. Keduanya bisa saling bekerja sama untuk berkembang bersama.

Masih ada banyak lagi kemungkinan kerjasama kolaborasi semacam itu. Tinggal sejauh mana daya kreatif kita.

3. Kontrol percakapan
Disarankan kita ngobrol banyak hal yang saling bermanfaat. Tidak sekedar gosip atau saling mengeluhkan kesulitan hidup masing-masing melainkan membicarakan rencana akan datang dan pengalaman-pengalaman di bidang masing-masing. Semakin banyak info yang bermanfaat yang kita dapat atau yang kita bagikan maka sedikit waktu kita di acara reuni ini akan bernilai semakin besar.

Jadi, jangan asal bicara ya.. Coba kita tata lagi cara kita berbicara. Lidah kita benar-benar pedang tajam yang bisa melawan kemiskinan, kebidohan, kemalasan, keserakahan, kesombongan, namun bisa juga merusak kesuksesan, kedamaian, kebenaran, keseimbangan dan kebaikan.

Demikian pembahasan kita kali ini. Semoga bermanfaat.

Wassalam.

0 komentar:

Posting Komentar